Jumat, 11 Mei 2018

Manajemen Pekerjaan




Hasil gambar untuk job
Sumber: https://tinyurl.com/y76vovxw

              Pekerjaan merupakan hal yang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita.Ada banyak jenis pekerjaan seperti tukang sampah, penjahit, koki, akuntan, dokter, polisi dll.Beberapa pekerjaan umumnya membutuhkan suatu keterampilan.Keterampilan sendiri menurut KBBI adalah kecakapan untuk menyelesaikan tugas.Keterampilan memiliki hubungan dengan posisi atau jabatan dalam suatu usaha biasanya. Umumnya bila posisi yang dijabat semakin tinggi, maka keterampilan yang dimiliki akan semakin tinggi. Namun, bila seseorang semakin tinggi keterampilannya, kemampuan teknisnya biasanya semakin rendah. Contohnya, seorang bos dalam restoran umumnya lebih jago mengolah perusahaan dibanding membetulkan mesin es krim yang rusak, karena pekerjaan seperti ini sudah pasti dilakukan mekanik yang mana lebih terampil dibanding dirinya. Ada tiga istilah yang sering digunakan dalam tempat kerja.Berikut adalah ketiga istilah tersebut:

a.    Job Description (atau biasa disingkat Job Desc): uraian-uraian atau deskripsi-deskripsi yang menjadi tugas yang wajib dilakukan dariposisi penjabat suatu jabatan dalam pekerjaan. Tanpa adanya job desc maka pekerjaan akan menjadi berantakan dan tidak terstruktur karena tidak ada ruang lingkupnya.
                Contoh job desc dari Quality Control (QC):
-      Mengontrol seluruh proses dari pemilihan bahan baku hingga ke pengemasan agar dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan jumlah harian yang ditetapkan
-          Melaporkan seluruh kegiatan yang dilakukan dalam kertas yang telah disediakan sesuai format yang telah ditentukan
-       Jika terjadi penyimpangan-penyimpangan, maka perlu dilaporkan ke Supervisor QC.

b.    Job Qualification: Kualifikasi yang dibutuhkan (baik soft skills maupun hard skills, bahkan kesediaannya) seseorang agar dapat menempati suatu jabatan dalam pekerjaan. Tanpa adanya job qualification maka pekerja tidak dapat mengerjakan tugasnya dengan baik sesuai yang diinginkan.
                Contoh job qualification dari Quality Control (QC):
-       S-1 dari jurusan teknologi pangan, teknik kimia, teknik industri, atau bioteknologi
-       IPK minimal 3,00 dengan kelulusan maksimal 5 tahun.
-       Diutamakan menguasai bahasa Inggris aktif dan pasif.
-       Dapat bekerja di bawah tekanan.
-       Bersedia ditempatkan di seluruh daerah di Indonesia.
-       Diutamakan yang telah mempunyai pengalaman satu tahun.

c.   Job Review: Ulasan yang dilakukan dari atasan atau supervisor terhadap tugas orang yang bersangkutan (biasanya jabatannya lebih rendah).





Gambar terkait
Sumber: https://tinyurl.com/ydcyouor

             Dalam bekerja kita juga harus mencapai target yang ingin dicapai. Pekerjaan yang sifatnya teknologi dapat digambarkan dengan kurva S. Ketika teknologi yang ingin dicapai sudah pada puncaknya, maka seisi perusahaan wajib untuk memikirkan perkembangan berikutnya agar tidak kalah oleh kompetitor dan perusahaan tetap sustain. Inovasi juga merupakan bagian dari pekerjaan.Jika perusahaan sudah tidak ada, maka pekerja-pekerja harus mencari pekerjaan baru lagi karena tidak ada lagi yang dapat dikerjakan di saat seperti itu. Contohnya adalah mesin fax, karena tidak dapat mengikuti perkembangan zaman maka tergerus oleh waktu dan sudah jarang dipakai saat ini. Begitu juga dengan beberapa merk ponsel terkenal seperti Nokia dan Blackberry. Dalam pekerjaan kita harus mengharapkan hasil yang terbaik, namun jangan lupa kita juga harus bersiap untuk kemungkinan paling buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar