Sabtu, 20 Oktober 2018

Gluten Free-Based Product, Penting Gak Sih?

Hasil gambar untuk gluten free bread
Ilustrasi. Sumber: https://tinyurl.com/y7t3hpcu
             Dewasa ini, makanan tidak hanya dilihat sebagai sesuatu yang dapat mengenyangkan saja. Beberapa golongan masyarakat sudah memikirkan makanan yang dapat menyehatkan di samping fungsi pokoknya. Salah satu makanan yang dimaksud adalah makanan gluten free. Seperti namanya, makanan ini bebas dari senyawa gluten. Gluten merupakan salah satu jenis protein yang sangat berpengaruh pada proses pemanggangan produk tepung-tepungan terutama pada daya kembangnya. Gluten merupakan kombinasi dari protein gliadin dan glutenin antara air dan tepung. Gluten bila dikonsumsi penderita celiac disease dapat mengakibatkan masalah pencernaan karena tubuh si penderita tidak mampu mencerna gluten.
              Saat ini, produk gluten free digemari dan menjadi tren bagi sebagian kaum masyarakat. Di Kanada produk gluten free sangat digemari. Di sebagian toko yang tersebar di Kanada pasti menjual produk yang tidak mengandung gluten di dalamnya. Produk gluten free dipercaya dapat membuat orang yang mengonsumsinya lebih sehat. Banyaknya artikel tentang itu dan kesaksian dari berbagai artis yang membuat banyak orang beralih dan lebih memilih produk gluten free sebagai preferensi mereka. Produk gluten free terbilang dapat mengecilkan ukuran perut dan juga menurunkan berat badan. Namun, produk gluten free lebih mahal karena lebih sulit untuk dibuat. Selain itu, branding strategies perlu dipikirkan karena perlu dibahas dari sisi kesehatan agar lebih menjual. Kebalikannya, penderita celiac disease tidak banyak penderitanya seperti penyakit-penyakit pada umumnya. Maka dari itu, pasar yang menjadi target tentu sedikit dan akan terkesan sia-sia manufaktur dari produk gluten free karena keuntungan yang didapat tidak seberapa.
          Bicara soal manufaktur pun  produk tidak sebaik yang diiklankan. Rata-rata produk gluten free memiliki kadar garam sodium, gula, lemak, dan kalori yang lebih tinggi, serta seratnya lebih rendah. Akibatnya penyakit obesitas, overweight, resistensi inulin, dan sindrom metabolik berisiko lebih tinggi dialami oleh pengonsumsi. Jadi produk gluten free penting ga sih? Menurut saya kurang perlu karena lebih banyak ketidakuntungannya dibanding keuntungannya. Bagaimana menurut kalian? Bila ingin melihat tren produk gluten free di Kanada dapat melihat video di bawah. Sekian untuk kali ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar