Sabtu, 01 September 2018

10 Jenis Kuliner di Indonesia yang Harus Kamu Tahu!



Hasil gambar untuk food culture
Ilustrasi. Sumber: https://tinyurl.com/y7kffzck

Indonesia merupakan Negara yang terdiri dari berbagai macam suku dan ras. Maka dari itu, keberagaman budayanya begitu banyak jenisnya. Mulai dari tari-tarian, alat musik, rumah adat, ritual tertentu hingga kuliner-kulinernya. Ada berbagai macam jenis kuliner di Indonesia. Berikut 10 jenis kuliner yang biasa kita lihat di berbagai daerah yang tersebar di nusantara kita:
  1. Bakcang: makanan yang biasanya berisi daging, namun juga berisi bersama sayuran. Lapisan luarnya biasanya terbuat dari beras atau beras ketan. Untuk bagian dalam biasanya terdapat daging, jamur, udang kecil, seledri, jahe, kuning telur asin. Bakcang berasal dari Tiongkok Utara dan Tiongkok Selatan yang tentunya memiliki karakteristik yang berbeda.
  2. Lepet: merupakan makanan yang berasal dari daerah Jawa yang berbahan dasar ketan dan dilapisi daun kelapa, serta diberi kacang merah hijau di dalamnya.
  3. Bestik Solo: merupakan cikal bakal lahirnya makanan bistik, memiliki karakteristik berkuah dan di dalamnya terdapat irisan daging dan sedikit sayur. Makanan yang berasal dari Solo ini juga diadaptasi dari steak.
  4. Rawon: merupakan sup hitam berdaging menggunakan bumbu khas kluwek pake terasi dan asem, serta telur asin. Biasanya dihidangkan dengan nasi, bawang bombai, bawang goreng, kerupuk udang, taoge. Berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.
  5. Brenebon: merupakan sup kacang merah. Pembuatannya mengharuskan kacang merah diberi proses perendaman satu malam agar kacang lebih siap untuk diolah pada pengolahan selanjutnya. Makanan berkuah ini berasal dari Minahasa.
  6. Kaledo: merupakan sup dari tulang kaki atau iga yang dimakan pakai ubi singkong rebus. Kaledo merupakan kepanjangan dari Kaki Lembu Donggala. Donggala merupakan nama masyarakat di daerah Palu, Sulawesi Selatan.
  7. Naniura: merupakan sushi dan atau sashimi Indonesia yang berbahan dasar ikan mas tanpa dimasak maupun ikan mas goreng kering. Berasal dari Sumatera Utara, Medan, Tapanuli Utara.
  8. Klappertart: merupakan kue khas Manado yang terakulturasi dengan budaya Belanda. Klappertart berbahan dasar susu, mentega, kelapa, tepung terigu, dan telur.
  9. Siomay: Makanan yang berbahan dasar tepung dan atau sagu sebagai kulitnya, dan di dalamnya terdapat daging babi, ayam, udang dll. Siomay sendiri berasal dari kebudayaan Tionghoa.
  10. Soto betawi: Makanan yang menggunakan campuran santan dan susu. Di dalamnya sama seperti beberapa soto lainnya menggunakan daging dan jeroan. Sesuai namanya soto ini berasal dari Betawi.

      Meski hanya 10 contoh kuliner yang saya sajikan, namun sudah cukup terlihat bukan keragaman kuliner ibu pertiwi kita. Sekian dulu ya untuk tulisan kali ini. Terima kasih ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar