Sabtu, 24 November 2018

Mengupas Seluk Beluk Table Manner


Hasil gambar
Susunan Peralatan Makan Table Manner. Sumber: https://tinyurl.com/ybdt5k67

Apapun yang dilakukan dalam hidup ini harus dilakukan dengan benar dan sesuai peraturan. Kesesuaian itu akan membuat kita lebih dihargai dan dihormati, serta dapat menjaga nama baik juga. Begitu juga dengan table manner, table manner sangat penting untuk diketahui oleh seluruh golongan. Table manner adalah aturan/etiket yang digunakan saat makan pada jamuan resmi, yang mungkin juga termasuk penggunaan peralatan yang biasanya berlaku internasional saat berada di meja makan bersama seperti nikahan dan acara ulang tahun. Sejarah adanya table manner berasal dari kebiasaan Raja Perancis bernama Louis. Beliau memiliki kebiasan mengadakan jamuan dan mengundang para bangsawan dari kerajaan-kerajaan sekitarnya. Biasanya pada jamuan makan, set menu merupakan jenis menu yang disediakan. Berikut adalah tahapan-tahapan set menu serta contoh makanannya:
1.  Appetizer: roti atau keripik. Ini adalah makanan pembuka yang biasanya tinggi karbohidrat .
2. Salad: sayur-sayuran. 
3. Sop: makanan berkuah dengan daging yang sedikit atau tidak ada sama sekali. 
4. Main Course: makanan yang memiliki kandungan lemak, protein, dan karbohidrat. Ini merupakan makanan utama dan makanan berat istilahnya. 
5. Dessert: cheesecake dan tiramisu. Biasanya makanan yang dibaking yang merupakan pencuci mulut.
6. Kopi atau teh.  

Pada susunan gambar di atas juga menjelaskan bagaimana susunan peralatan makan yang baik pada jamuan resmi. Berikut merupakan etiket yang tepat berada di meja makan:
1. Duduk dengan tegak, tidak membungkuk dan bersandar. 
2. Jarak kursi dan meja makan harus sekitar 1 kepal tangan kurang lebih. 
3. Makan dan minum menggunakan napkins di atas paha. Napkins hanya boleh mengelap mulut dan jari, serta tidak diperbolehkan untuk menyeka keringat. 
4. Penggunaan peralatan makan harus dari paling sisi luar piring atau mangkuk terlebih dahulu. 
5. Tidak boleh mengunyah sambil berbicara. 
6. Tidak boleh mengunyah dengan mulut terbuka. 
7. Bila ingin izin ke toilet harus permisi ke sebelah kiri dan kanan. 8. Tidak boleh bermain ponsel pada saat acara. 
9. Bila selesai makan peralatan makan dapat ditaruh searah jam 5 dengan bagian yang menyentuh mulut mengarah ke dalam. 
10. Bila diundang ke rumah host, tidak boleh bilang makanan tidak enak. Napkin juga dibuka setelah host membuka terlebih dahulu Dan lain-lain. Masih banyak etiket lain yang harus dipenuhi. Semoga para pembaca dapat menerapkan etiket pada table manner  terutama pada jamuan makan resmi. Sekian untuk tulisan kali ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar