Sumber: https://tinyurl.com/y9224why |
Dalam konteks
pangan, keterampilan manajemen sangat dibutuhkan untuk mendapatkan izin
berdirinya suatu perusahaan. Salah satu bentuk izin yang dikeluarkan oleh Dinas
Kesehatan adalah P-IRT. Tentunya sudah sangat umum ketika kita membeli makanan,
terutama makanan khas daerah melihat nomor P-IRT di dalam label makanan
tersebut. P-IRT merupakan singkatan dari Pangan Industri Rumah Tangga. Dalam
mengelola industry pangan skala rumah tangga, salah satu hal yang paling
penting adalah strategi pemasarannya.
Pemasaran
berasal dari kata pasar yang artinya tempat orang melakukan jual beli.
Pemasaran sendiri berarti proses atau cara memasarkan suatu produk. Fungsi
pemasaran tidak lain adalah memperkenalkan produk kita secara rinci bagaimana kelebihan-kelebihan yang ada produk kita yang tidak ditawarkan
pada produk pangan lain pada calon pembeli. Pemasaran perusahaan pangan skala
rumah tangga umumnya dilakukan melalui mulut ke mulut atau melalui brosur
umumnya, namun tidak jarang melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, dan
Instagram. Hal ini disebabkan oleh pendapatan yang diperoleh tidak sebesar skala
industri. Promosi mulut ke mulut
terbilang cenderung efektif karena biasanya produk dijajakan pada warung-warung
yang pembelinya adalah IRT. Informasi mulut ke mulut cepat menyebar melalui
kalangan Ibu Rumah Tangga (IRT). Untuk perusahaan-perusahaan seperti rumah
tangga yang skalanya kecil tidak perlu memasarkan lewat iklan di TV, Koran,
radio, majalah maupun di billboard,
untuk pemasaran via online shop opsional tergantung pada seberapa besar penjual
mengerti menggunakan aplikasi online shop. Intinya cost tidak boleh lebih besar dari profit atau keuntungan.
Pemasaran juga
harus melihat siapa yang menjadi target calon pembeli produk kita. Dengan
memasarkan produk pangan kepada target yang tepat, maka apa yang dikerjakan
akan menjadi lebih efisien. Tidak
mungkin mempromosikan permen kepada orang tua, kecuali permen yang tidak
menyebabkan karies gigi, kira-kira seperti itu contohnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar